Untuk Menarik Investor, Nama Persebaya Diusulkan Diganti

Surabaya - Regional Director Government of Western Australia, Martin Newbery menyarankan, jika Persebaya ingin maju dan menarik investor, maka tim Bajul Ijo harus ganti nama.





Martin yang ditemui dalam Diskusi Menuju Persepakbolaan Profesional, Jumat (21/11/2008) di RM Taman Sari mengatakan, klub sepakbola di Indonesia cenderung mempunyai nama depan sama yakni "Persi" seperti Persija atau "Perse" seperti Persebaya.

Untuk itu, bila Persebaya ingin maju dan lebih menjual, maka Bajul Ijo harus menanggalkan nama yang sudah dipakai sejak 81 tahun silam itu.

"Di Indonesia ini, banyak klub yang awal namanya Persi atau Perse, seperti Persebaya adan Persik. Kalau Persebaya mau maju dan menarik investor, ya harus ganti nama," tandasnya.

Dia mencontohkan, dalam logo baru, nama Persebaya bisa ditulis di bawah dan nama barunya di atas. Hal ini memberi kesan meski sudah ganti baju Persebaya tetap icon Kota Pahlawan.

"Contohnya saja Kota Pahlawan FC, nama Persebaya masih bisa dicantumkan di bawah, sedangkan nama barunya di atas," tambahnya.

Namun hal itu ditolak oleh Ketua Umum Persebaya, Saleh Ismail Mukadar. Menurut Saleh nama Persebaya adalah simbol sejarah dan kaya makna. Tak hanya itu, nama besar Persebaya sudah diakui di Indonesia.

"Mungkin tak harus ganti nama, karena nama Persebaya sudah menuai banyak sejarah," kata Saleh. (beritajatim.com)

Dalam diskusi tersebut, Martin mengaku simpati dengan kondisi sepakbola Indonesia. Dirinya beranggapan, adanya campur tangan pemerintah membuat sepakbola sulit berkembang. Untuk itu, Pemerintah harus menyerahkan sepenuhnya pada swasta untuk mengelola sepakbola.

"Salahnya begini, antara klub dan pemerintah dicampur. Padahal pemerintah bukan ahlinya dalam masalah bisnis, mereka ahli politik. Kalau mau maju, ya keduanya harus dipisah, kalau di Perth (Australia), semua klub sepakbola murni dipegang swasta," ujarnya.

Tak hanya itu, Martin menilai sepakbola Indonesia banyak diisi oleh orang-orang yang 'kotor'. Untuk itu dia menyarankan semua orang kotor tersebut harus dibersihkan dan diganti dengan yang baru.

"Sebelumnya saya minta maaf, kalau saya lihat Indonesia, pengurus sepakbolanya banyak yang kotor. Kalau ingin maju ya hilangkan semua orang kotor itu, lalu ganti dengan yang bersih dan dijaga," saran Martin.



MATUR SUWUN CAK !! :
Untuk Menarik Investor, Nama Persebaya Diusulkan Diganti
Semoga Artikel Bonek ini bermanfaat, sesuai dengan kriteria yang anda cari di Untuk Menarik Investor, Nama Persebaya Diusulkan Diganti






1 Tulis Komentar:

Sator mengatakan...

biar bagaimanapun nama besar persebaya tidak bisa di ganti oleh siapapun.

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons
//PART 2